Minggu, 30 Desember 2012

PROSPEK KERJA STATISTIKA......






Apa itu statistisi? . . .
Mungkin itu yang ada dibenak Anda. Statistisi adalah orang yang bekerja dengan statistik teoritis maupun terapan, baik di sektor swasta ataupun pemerintah. Inti dari pekerjaan seorang statistisi adalah untuk mengukur, menginterpretasikan dan menjelaskan aktivitas manusia, barang, dan berbagai fenomena sehingga diketahui polanya dan bisa dibuat prediksinya di masa yang akan datang. Seorang statistisi bisa masuk ke berbagai sektor pekerjaan, antara lain pemerintahan, industri, riset, marketing, ekonomi, finansial, komputasi, dan lain-lain. 
Prospek kerja seorang statistisi terus berkembang, seiring semakin meningkatnya jumlah pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi sebagai seorang statistisi antara lain kemampuan menganalisis data dan memprediksinya. Saat ini tenaga-tenaga ahli di bidang statistik banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, dan tentu saja menawarkan penghasilan yang besar. Selain bekerja di perusahaan besar, saat ini juga berkembang kewirausahaan di bidang statistik, yang disebut sebagai “statpreneur” (istilah ini saya dapatkan dari seminar statistik di ITS). Statpreneur merupakan lembaga yang menyediakan jasa statistik, misal perancangan survey, marketing research, analisis data, pengolahan data, dan lain-lain. 

Statistik sangat dibutuhkan dalam bidang riset . . . 
Setiap perusahaan2 besar membutuhkan unit riset dalam perusahaannya agar memahami perilaku pasar dan konsumen. Perusahaan seperti PT UNILEVER misalnya, mereka selalu mengeluarkan anggaran untuk riset sebelum membuat sebuah keputusan tentang produk mereka. Tamatan statistik juga banyak dibutuhkan di BPS (Biro Pusat Statistik). Anda tahu lembaga2 survey yang saat ini banyak beredar di masyarakat? Tentunya setiap tahun mereka membutuhkan tenaga2 statistik dalam usaha survey mereka. Jadi peluang kerja statistik jelas memiliki prospek yang cukup besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar