Minggu, 23 Desember 2012

Mengapa Statistika diperlukan???

Pada era globalisasi ini, informasi menjadi basis intelektual di masyarakat dan hampir semua kegiatan manusia bersumber pada informasi. Kebutuhan informasi data semakin meningkat untuk keperluan analisis dan dalam pembuatan keputusan baik didunia penelitian maupun pengembangan bisnis, industri, serta lembanga lainnya.

Statistika sebagai bagian dari ilmu pengetahuan analisis data berkembang sangat cepat dan telah masuk diberbagai penerapan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengembangan satatistika didukung oleh pengembangan teknologi informasi dengan perangkat lunak statistika berupa berbagai paket statistika dalam personal komputer.


Penggunaan statistika dalam dunia industri meningkat secara cepat terutama dipicu dengan dikeluarkannya sistem kualitas yaitu pada ISO 9000 pada tahun 1987 sebagai standar kualitas internasional Indonesia mengadopsi sistem kualitas ISO 9000 dan memberi nama Standar Nasional Indonesia (SNI)19-9000-1992. Dengan adanya Klausul dalam ISO 1900 tentang peningkatan kualitas secara terus meneru, maka semua lembaga atau industri yang menerapakan ISO 1900 atau menejemen kualitas harus meneerapkan metode statistika sebagai metode yang direkomendasikan.


Undang-Undang Nomor 16 tahun 1997 mengamatkan bahwa statistika  adalah sangat penting artinya bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauaan, dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan disegenap aspek kehisupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam pembangunannasional.


Peran statistika semakin menjadi penting akibat dorongan dari beberapa faktor pengembangan masyarakat antara lain sebagai berikut:



  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat menyebabkan data statistika yang dibutuhakan semakin beragam.
  2. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berdampak terhadap pengembangan metode, cara analisis , dan pemrosesan data sehingga bentuk pengajian data menjaadi suatu informasi yang berguna.
  3. Munculnya globalisasi yang ditandai dengan meningkatnya persaingan global.

Sumber: STATISTIKA ELEMENTER (METODE DAN APLIKASI DENGAN SPSS), MUSTAFID , UNIVERSITAS DIPONEGORO(2003).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar